Merawat Diri ala Mama

Rambut saya sering gak saya sisir.

Buat apa disisir, gak ada yang liat juga kan dirumah? Dikuwel2 aja deh pakai jepitan.

Eiiitttsss… diantara mama, siapa yang begini coba? Kalau mama salah satunya, tosss kita sama! Tapi ini bukan kebiasaan yang baik ya Ma. “Kenapa sih? Aku udah capek loh dirumah? Kapan sempet ngerawat dirinya?”

Minggu lalu saya sempat punya waktu luang sekitar 1-2 jam pergi tanpa bawa bayi, karena baby R ditiggal dirumah sama Oma nya. Jadilah saya akhirnya memutuskan untuk ke salon setelah seribu purnama ga pernah ke salon lagi. Potong rambut bisa kali yaaahh… secara ini rambut disisir aja jarang. Di salon saya disambut sama mbak-mbak dan owner yang ramah-ramah. Disana ditanya, kapan terakhir potong rambut? Aduh kalau ditanya, saya tuh ga pernah potong rambut ke salon. Kadang panggil tukang salon ke rumah, kadang juga saya potong sendiri. Kres kres kres sendiri. Yah namanya jadi IRT dirumah ngapain cantik-cantik lah, cukur gundul pun ayok. 🤣

Padahal dulu saya gak pernah sekalipun lepas dari make up ataupun perawatan rambut. Tiap hari kalau kuliah, rambut selalu saya catok lurus atau keriting. Udah kek penyanyi dangdut. Dan itu setiap hari. Ribet? Ya pastilah. Tapi saya ngelakuin itu gak lain gak bukan buat diri saya sendiri. Feel good? Yes. Feel more confident? Absolutely!

Tapi mbak-mbak salon disana menyarankan supaya saya lebih merawat diri, dan ownernya bilang “merawat diri itu penting untuk ibu rumah tangga,untuk kepuasan diri sendiri loh”. Kalau dipikir-pikir, bener juga kata tante owner ini. Mungkin saya udah terlanjur ngerasa “tenggelam”dalam kegembelan saya. Atau mikir karena ga ada yang liat kecuali suami dan ortu, jadinya saya semena-mena membiarkan penampilan awut-awutan. Mau dandan kalau malem-malem ada suami doang 🤣. Tapi kan diri kita sendiri yang ngeliat di cermin? Gak sayang diri sendiri?

Jadi mulai saat itu saya agak berdandan sama sisiran dikit kalau dirumah. Gak perlu tebel2 yang penting udah kerasa put together aja udah Alhamdulillah. Rambut disisir, pake bedak dikit, lipstik atau lip tint tipis, udah gitu aja. Ngerasa cantik itu penting Mam. Berdandan buat diri sendiri menurut saya juga jadi salah satu “makanan” buat jiwa wanita. Sekali-sekali pakai masker muka atau lulur kalau anak lagi tidur. Atau Mama mau eksperimen full makeup dirumah? Gak masalah! Bisa jadi senjata buat ilangin stres juga.

Menurut saya, kalau kita ngerasa lebih baik, ngerawat anak dan keluarga lebih happy, dan pastinya anak juga terurus dengan maksimal. Jadi ngurus keluarga =urus diri sendiri. Sama-sama pentingnya!

Selamat berdandan Mama!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *