Tips Traveling Pertama Kali dengan Bayi!

Traveling dengan bayi. Denger kata-kata itu pasti langsung kepikiran gimana ribetnya bawa perlengkapan seabreg. Belum lagi kita gak tau apakah bayi akan betah selama perjalanan nanti. Saya memilih traveling pertama saat usia Rasya menginjak 5 bulan. Sengaja saya pilih saat belum MPASI supaya tidak terlalu repot diperjalanan.

Perjalana pertama untuk Rasya adalah ke Depok, karena selama ini kami masih di tempat tinggal di Purwokerto. Perjalanan ke Depok memakan waktu 5,5 jam dengan kereta, dilanjut menggunakan taksi ke rumah selama kurang lebih 1,5 jam.

Kami memilih perjalanan pagi hari dengan kereta Taksaka. Awalnya bingung nih Rasya mau tidur dimana. Tapi setelah utak-atik posisi, Rasya bisa tidur dipangkuan saya. Untuk posisi seperti ini, siap-siap pegal ya Mom… Ada cara lain untuk bayi bisa duduk anteng sendirian, yaitu menggunakan car seat atau stroller kecil dan diletakkan didepan Mom. Kalau gunakan stroller, Mom bisa pilih tempat duduk didepan, supaya space untuk stroller lebih luas dan tidak mengganggu penumpang didepan Mom.

Selama perjalanan Rasya good banget! Jadi karena Rasya masih 5 bulan dan belum MPASI, kalau dia lapar dan ingin menyusu, saya tinggal buka warung aja. Lain halnya untuk yang sudah MPASI, ada ditulisan berikutnya ya…

Mom bisa bawa 1-2 mainan atau rattle yang bayi suka untuk hiburan. Nah bagaimana dengan barang bawaan? Karena saya pergi ke rumah sendiri di Depok, saya tidak perlu bawa pakaian banyak-banyak. Bisa dicuci kalau memang kurang. Tapi perlengkapan untuk bayi gak boleh kurang ya Mom. List berikut saya buat untuk 2 minggu tinggal di Depok. Apa aja sih? Berikut list nya:

Tulis semua perlengkapan di handphone Mom, dan tandai bila sudah dimasukkan ke dalam koper.

Selalu berhati-hati terhadap barang bawaan dan juga si kecil ya Mom. Be Safe!

Selamat liburan! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *