Tips Menjaga Kewarasan Untuk Ibu dengan Bayi

Menjaga kewarasan penting untuk seorang ibu. Banyaknya depresi setelah melahirkan diakibatkan dari tekanan yang dialami ibu setelah melahirkan. Nah disini peran self love. Self love berarti mencintai diri sendiri. Cinta diri sendiri itu bermakna luas, salah satunya merawat dan memanjakan diri, untuk menerima diri kita dan keadaan kita saat ini dengan seutuhnya. Lalu, bagaimana pengaplikasian self love untuk seorang ibu?

Akhir-akhir ini Rasya demam dan juga rewel. Hal ini bikin saya drop bukan cuma fisik tapi juga mental. Namun sebagai ibu, kalau kita down, lalu anak kita bagaimana? Kadang saya menganggap taking care of myself terbilang egois. Lagi ngerawat anak kok sempet-sempetnya ngerawat diri. Tapi kali ini tidak! Saya gak setuju pendapat seperti itu. Menurut saya dengan merawat diri sendiri di sela-sela mengurus anak, setidaknya membuat pikiran kita waras. Pikiran yang waras pasti membuat pengasuhan kita ke anak lebih positif. Apa saja contohnya?

1. Makan cokelat atau makanan enak lainnya

Makanan yang satu ini terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Endorfin berkaitan dengan mood. Endorphine makes you happy! Kalau yang gak suka sama cokelat, makan aja apa yang pengen kamu makan. Gak usah diet-dietan… makan aja!

2. Pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi

Cara buat ngusir penat dan menjaga kewarasan selanjutnya adalah dengan ke tempat baru. Lah kalo gak punya uang gimana? Ke tempat baru bukan berarti harus ke luar kota atau ke luar negeri dong! Contohnya nih, mom bisa berkunjung ke toko atau cafe baru. Makan di resto baru sambil bawa anak di stroller, bisa juga dilakukan.

3. Tidur ketika memungkinkan

Take a nap everytime you can! Tidur selagi anak juga tidur biasanya sih emang terlalu klise, karena sebagai ibu kita juga punya kerjaan lain kan dirumah. Tapi selagi memungkinkan, tinggalin dulu aja beberesnya, tidur aja dulu lah biar lebih waras dan berpikir jernih.

4. Nonton youtube atau film dari handphone ketika anak tidur

Hal ini yang paling sering saya lakuin kalo sambil ngelonin anak. Sebagai emak, harus update lah sama apa yang terjadi sekarang. Nonton youtube bisa jadi solusi dikala tak sempat membaca berita. Apalagi nonton film di bioskop. Gak mungkin ya kan bawa bayi… selagi anak tidur, nonton film juga bisa jadi selingan yang menyenangkan.

5. Jangan membandingkan diri sendiri dengan ibu-ibu lain

Ini poin terpenting yang susah buat diaplikasikan. Termasuk buat saya. Sebisa mungkin jangan banding-bandingin anak atau diri kita sama orang lain. Anak akan punya masanya sendiri-sendiri. Yang penting percaya diri dan lakukan yang terbaik!

6. SHOPPING

Last but not least, kalo mom punya budget dan masih tetep suntuk, ini cara yang lumayan ampuh untuk dilakukan. Beli yang selama ini diinginkan! Entah sepatu, tas, jam, atau kosmetik seperti lipstik contohnya. Udah beli aja… gak ada waktu? Hoho tenang… scrolling e-commerce gih mumpung gaji suami masih anget.

Sekian tips dari saya untuk menjaga kewarasan selama menjadi ibu. Mohon maaf kalau rada nyeleneh, tapi cara-cara diatas ampuh banget untuk menjaga kewarasan saya dirumah! 🤣

Tapi perhatian buat semua ibu yang masih merasa stres atau bahkan depresi setelah mencoba berbagai cara untuk menyenangkan diri, gak ada salahnya meminya bantuan konseling ke psikolog atau psikiater. Healthy mind and body is more important than anything in this world 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *