REVIEW JUJUR : SABUN BAYI BEBAS SLS

Baby R paling senang kalau lagi mandi. Kakinya kecipak kecipuk sambil senyam-senyum. Seperti kulit bayi lainnya, kulitnya kadang merah-merah gatal-gatal tanpa sebab yang pasti. Padahal sabun yang saya gunakan cenderung sabun hypoallergenic alias tidak menimbulkan alergi. Sempet galau bangeeet karena gatal-gatal bayi, maklum emak baru. Keadaan ini yang bikin saya gonta-ganti sabun. Semua sabun yang baby R pakai bebas SLS. Apa itu SLS? SLS atau sodium lauryl sulfate merupakan surfaktan yang biasa digunakan untuk formulasi kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan sampo. Singkatnya SLS berguna sebagai penghasil busa. Tapi penggunaan SLS sering dikaitkan dengab iritasi kulit. Maka dari itu beberapa produk bayi tidak menggunakan SLS untun menghindari iritasi kulit bayi yang sensitif. Berikut sabun-sabun yang baby R gunakan dari lahir sampai sekarang :

1. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Sabun cetaphil ini mulai dipakai dari Baby R lahir. Dia meng-klaim produknya sebagai tear free, soap free, hypoallergenic, dan pH balanced. Sejauh ini saya pakai, kulit baby R memang gak iritasi. Tapi nih, baby R sempet kena gatal di jidat dan tangan yang hilang dalam jangka waktu semingguan. Tapi mungkin karena faktor lain ya, biasanya memang kelenjar keringat bayi memang belum sempurna, jadi biang keringat memang wajar terjadi pada bayi. Saya suka wangi sabun ini karena wanginya floral tapi gak menusuk dan benar-benar tahan lama. Cetaphil baby ini diformulasikan dengan glycerin dan panthenol untuk melembabkan kulit bayi. Harganya sekitar 100ribu di Century. Lumayan pricey but worth the money.

Nilai : 8/10

2. Pure Baby Wash Delicate Cleansing Baby Bath

Sabun ini saya beli karena banyak review dari mom blogger yang bilang kalau sabun ini murah meriah dan sudah SLS Free. Saya beli dengan harga sekitar 40ribuan di baby shop. Agak ragu untuk beli karena takut gak cocok, tapi karena murah akhirnya dibeli juga deh. Pas dipakai, wangi floralnya kerasa banget, agak menusuk dibandingkan cetaphil. Kulit baby R sih biasa-biasa aja setelah pemakaian sabun ini, tapi pas muncul biang keringat dan pakai sabun ini, walaupun udah pakai salep dokter, agak lama hilangnya. Jadi mungkin kalau lagi biang keringat saya harus cari sabun lain ya. Ok, next!

Nilai : 7,3/10

3. Lactacyd Baby Liquid Soap

Karena baby R biang keringat, saya mulai gundah gulana. Walaupun udah pake salep dari dokter, biang keringat tetap lama hilangnya. Sempet tanya-tanya ke kakak yang juga punya bayi, dan sering biang keringat. Doi pernah diresepin lactacyd baby untuk mandi. Awalnya mikir masa iya sih sabun ini bikin gatal-gatalnya ilang. Daaaaan ternyata setelah 2 hari pemakaian… gatal gatal hilaaang! Woohooo! Sabun ini mengandung milk extract dan pH balance. Wanginya juaraaaaa… floral tapi lebih mild seperti susu. Enak banget rasanya kalo udah mandiin terus lanjut cium kulit baby R. Wanginya nagih! Harganya lumayan pricey mirip-mirip cetaphil, tapi setimpal banget dengan hasil yang didapatkan. Saya beli di apotek sekitar 100ribu rupiah.

Nilai : 9/10

Sekian review sabun-sabun yang pernah dipakai baby R! Kalau mom semua punya rekomendasi sabun yang bagus, bisa tulis dikolom komentar ya… have a good day! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *