Review Google Home Mini! (setelah pemakaian 3 bulan)

Teknologi sekarang sudah berkembang sangat pesat. Semua yang pada awalnya cuma khayalan atau hanya ada di film, kini hadir di kehidupan kita. Contoh sederhananya adalah jarvis milik Iron Man. Dengan artificial intelligent semacam google assistant, siri, atau amazon alexa, asisten virtual benar-benar terwujud nyata. Artificial intelligent ini punya banyak keterampilan untuk membantu keseharian kita. Nah tapi, kamu bisa menikmati versi sederhananya di handphone kamu kok! Untuk pengguna android kamu bisa menggunakan google assistant, sedangkan pengguna apple menggunakan Siri. Ada versi yang lebih canggihnya yaitu Google Home ataupun Amazon Alexa untuk kita pasang dirumah. Saya tertarik untuk membeli Google Home Mini, karena kemampuannya yang sama dengan Google Home versi awal, namun dengan harga yang lebih murah. Cuma 500ribu saja!

Saat mendengarkan instruksi, Google Home Mini akan menyala

Google Home Mini sampai saat ini hanya dapat dikomando menggunakan bahasa inggris. Semoga kedepannya bisa bahasa Indonesia juga ya! Jadi manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang. Google Home Mini juga harus menggunakan wifi rumahan, kalau enggak ya dia gak bisa menjawab pertanyaan kamu karena tidak terkoneksi ke internet. Kemampuannya ada bermacam-macam, nah apa saja sih?

1. Mengatur appointment dan reminder

Kamu bisa mengatur jadwal menggunakan google home. Contohnya tinggal bilang “hey google, remind me to buy groceries at 7 pm today” maka google akan mengingatkan kamu untuk melakukannya tepat pada jam 7 malam hari ini. Menambahkan shopping list di handphone, membacakan jadwalmu hari ini, atau membuat alarm untuk besok pagi.

2. Kalkulator

Menghitung juga bisa jadi keahlian dari google assistant. Tapi semua menggunakan bahasa inggris. Kamu bisa mulai dengan “hey google, whats 100 plus 50?” Dan google pasti akan menjawab dengan 150. Pintar kan?

3. Mengatur smart appliances di rumah

Nah Google Home akan semakin berguna maksimal kalau kamu menggunakan elektronik “pintar” dirumah. Smart TV dan smart lamp bisa jadi pilihan awal untuk membentuk rumah pintar. Mematikan menyalakan dan juga mengatur alat elektronik jadi lebih mudah. Untuk pemasangannya sendiri kamu harus mensinkronkan google home mini dan alat elektronik pintar tersebut di aplikasi Google Home Mini. Semua alat elektronik yang akan disinkronkan juga wajib menggunakan jaringan wifi yang sama dengan Google Home Mini.

4. Membacakan resep, mencari keterangan

Kalau tiba-tiba kamu penasaran kenapa langit berwarna biru (like I do, saya suka tiba-tiba penasaran sama hal kurang penting) kamu bisa langsung tanya ke google home. Ia akan mencari dan mengucapkan jawabannya langsung, jadi kamu gak perlu capek-capek cari dan membaca dari google. Atau juga bisa mencari dan membacakan resep. Kamu bisa memulai dengan mengucapkan “hey Google, find me a brownies recipe”. Lalu dengan lancarnya google akan membacakan resep yang ia cari. Cocok untuk Lazy Mom seperti saya huehehee..

5. Mendengarkan musik lewat Spotify

Salah satu keahlian Google Home adalah mendengarkan dan mengendalikan musik melalui Spotify. Jadi spotify adalah satu-satunya aplikasi musik yang resmi digunakan oleh Google Assistant. Tapi untuk menggunakannya kamu harus menjadi anggota premium dan membayar per bulan spotify premium kamu. Begitu juga dengan Netflix. Tapi kekurangan dari Google Home Mini, speakernya kurang mantap dibandingkan Google Home yang dibandrol dengan harga 2jutaan. Kalau untuk saya sih gak masalah ya, karena speaker Google Home Mini ini masih cukup oke juga kok.

6. Mencari handphone kamu yang tertinggal diruangan

Kalau hp kamu terselip entah di sofa, ataupun ketinggalan didapur, kamu bisa menginstruksi kan Google Assistant untuk mencari hp mu. Kamu hanya tinggal bilang “hey google, find my phone”. Seketika handphonemu akan berdering menandakan lokasinya dimana.

Masih banyaaaaaak kemampuan Google Home Mini ini. Benar-benar kecil-kecil cabe rawit! Di artikel selanjutnya saya akan menuliskan tentang macam-macam komando untuk Google Home. Semoga bermanfaat!

Comments

  1. Hello google mini, remind me to ….. Opo yo …… Hmmmm….. Oke… Ralat deh, tell me if there is a pretty girl walking in front of our home, and try to get her phone number. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *