Rahasia Bayi Wangi Sepanjang Hari, Mandi Pake Apa Aja sih?

Bayi, mau belum mandi pun wanginya tetep enak. Apalagi daerah tengkuk leher. Bikin teler dan nagih. Tapi kadang nih, yang saya ngeh dari Baby R, kalau dia mandi pakai air hangat biasa, wangi lehernya sedikit berbeda. Setelah saya browsing-browsing nih, bau bayi itu karena zat yang namanya Vernix Caseosa, yang keluar di keringat bayi dengan ASI (kalau yang enggak, saya kurang tau yah). Nah zat ini memang ada juga di sebagian keju, dan dia bisa bikin orang yang mencium jadi ketagihan karena baunya. THATS WHY bau bayi selalu enak! Walaupun mandi dan gak mandi. Tapi tetap sebagai orangtua, pasti kita ingin anak kita wangi dan bersih kan. Kalau Baby R, saya merasa perbedaan yang signifikan kalo dia mandi pakai air hangat biasa. Wangi menyerupai kejunya khas banget. Ya walaupun saya juga nyiumnya enak, tapi bau keringat tetaplah keringat 😂

Nah mau tau apa yang bikin Baby R wangi tanpa bau keringat seharian?

Jawabannyaaaaa…

Kayu secang dan daun sirih!

Jadi setiap mandi dirumah, Baby R selalu mandi pakai air rebusan kayu secang dan daun sirih. Resep ini saya dapatkan dari ibu saya. Katanya biar kulit bayi jadi bersih dan wangi. Awal-awalnya saya skeptis sih. Masa sih, air doang kan? Dan akhirnya semua terbukti pada saat saya pergi sekitar 2 minggu ke daerah lain. Dimana disitu gak ada secang maupun sirih, alhasil saya cuma pakai air hangat biasa. Perbedaannya? Beda banget! Yang saya rasain, baby R jadi bau keringat. Yes. You read it. Bau keringat. Enak sih (ya anak sendiri) TAPI seumur-umur belum pernah baby R bau kayak gini, padahal sama-sama diruangan ber AC. Jadi saat saya pulang lagi kerumah, saya mandikan lagi dengan air rebusan secang-sirih. Dan taraaaaaaaa! Sampai sekarang doi gak pernah tuh yang namanya bau keringat.

Kayu secang dan Daun Sirih

Cara untuk bikin rebusannya gampang. Masukkan kayu secang dan beberapa lembar daun sirih yang sudah dibersihkan dengan air ke dalam panci. Tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Saring secang dan sirih, selanjutnya air nya saja yang akan kamu tambahkan di bak mandi bayi yang berisi air dingin. Jadi deh air hangat rendaman kayu secang-daun sirih! Nah secang-sirih yang tadi disaring, jangan dibuang. Kamu bisa simpan di panci untuk dipakai 1-2 kali pemakaian lagi.

Untuk mandinya,tetap harus 2 kali sehari ya, apalagi setelah berpergian ke tempat ramai. Untuk sabun, saya pilih sabun bebas SLS, yaitu Cetaphil Baby. Karena apa? Karena sabun bebas SLS cenderung tidak mengiritasi kulit, sehingga aman untuk kulit bayi. Beberapa sabun bebas SLS memang cenderung lebih mahal daripada sabun lain, seperti cetaphyl, sebamed, mustella. Tapi ada juga merek sabun bebas SLS yang lebih murah daripada merek diatas. Contohnya Pure Baby body wash. Jangan lupa disertai dengan waslap yang halus dan tidak kasar.

Cara ini mungkin bisa kamu coba untuk diri sendiri. Gak perlu nunggu untuk punya bayi, hehe.. FYI, daun sirih dan kayu secang memang terkenal memiliki aktivitas anti bakteri, banyak jurnal-jurnal penelitian yang sudah membuktikannya. Jadi, tidak ada salahnya kan untuk dicoba?

Comments

  1. Ikha says:

    Aku pernah coba yang mandi pake rebusan daun sirih mbak, selama 2 minggu. waktu itu alasannya karena alergi dan memang bener di badan rasanya jadi enak, meskipun habis berpanas-panas keringetan tapi baunya tetep beda. kalau sama kayu secang belum pernah nyoba, kapan2 pengen nyoba hehe.
    makasih reviewnya mbak Dea.

    1. Lazy Momzy says:

      Aku malah belom pernah coba buat diri sendiri,pengen coba kapan2, kayaknya enak yah. Sama-sama mba Ikhaa selamat mencobaa 😁

      1. Ikha says:

        liat komen ini keinget kayu secang, td lewat pasar lupa ga beli. hahaha.
        Ayok cobain juga mbak, biar ibu sama babynya wanginya samaan nanti 😀

  2. ysalma says:

    Tips ini boleh dicoba juga sepertinya untuk anak remaja abege yang suka bau keringat campur bau matahari yaa. Nyari kayu secang ahh. Makasih tipsnya, mba.

    1. Lazy Momzy says:

      Sama-sama mbaa 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *