Tetap Produktif Setelah Liburan

Kembali bekerja atau melakukan aktivitas padat setelah liburan yang berlangsung cukup lama, terkadang membuat seseorang merasa ketakutan untuk memulainya lagi. Setelah 2 minggu libur lebaran bersama keluarga dirumah, saya harus kembali ke realita, yaitu… jeng jeng jeng… PENELITIAN! disaat teman-teman saya masih menjalani libur semester hingga akhir agustus, saya harus menerima kenyataan pahit ini. Karena saya sudah dikejar deadline penelitian yang harus selesai sebelum akhir tahun, mau tidak mau saya harus kembali dari kampung halaman ke kampus tercinta. Rasanya saat kembali lagi ke kota ini, perasaan saya gamang seperti mimpi, 2 minggu bahagia saya dirumah berakhir sudah. Welcome to the jungle!

Dengan berpijaknya kaki saya di kamar kost lagi, disertai dengan air mata dan pikiran untuk membuat teleport Depok-Purwokerto, saya menyadari ini tidak boleh berlarut-larut. I have to do something. Wether you like it or not, kenyataan akan menamparmu keras-keras hingga kamu bangun. Sampai kamu mengerjakan apa yang seharusnya kamu kerjakan. Here’s what I do to make everything better :

1.Merencanakan planning untuk esok

5-Reasons-Why-You-Need-to-Ditch-Your-To-Do-List-to-Be-More-Productive
picture from here

Planning yang kamu buat, harus selaras dengan kewajiban yang kamu miliki. Contohnya jika kamu bekerja pagi hari, jangan berusaha untuk bolos atau datang terlambat. Bolos dan menghindari kenyataan akan semakin memberatkan aktivitasmu.

2. Pompa semangat dengan Mood Booster

Musik klasik yang menenangkan, atau bahkan musik dengan beat yang lebih bersemangat dapat membuat mood mu menjadi lebih baik. Menghubungi keluarga dirumah juga dapat meningkatkan rasa semangat.

3. Treat yourself

Setelah kamu menyelesaikan kewajibanmu dihari ini, tentunya kamu juga berhak mendapatkan apresiasi dong! sepotong es krim, makanan yang kamu suka, ataupun waktu bersantai dengan main game dan menonton tv bisa dilakukan.

4.Β  Ingat tujuan

wpid-challengs
Picture from here

Ketika berulang kali saya merasa tidak ikhlas dan merasa tidak adil, saya berusaha mengingat kembali tujuan saya melakukan semua ini, yaitu untuk mempercepat kelulusan saya. Dibalik rasa ketidakadilan karena teman-teman saya di semester 1 ini masih menikmati waktu liburan, saya berulang-ulang kali meyakinkan diri bahwa saya mampu menyelesaikan pekerjaan dan penelitian ini. Kesempatan dan keberuntungan ini tidak datang dua kali. Bagi kamu yang bekerja, ingatlah tujuan kamu mendapatkan rizki dari pekerjaan tersebut. Bersyukur, itu yang paling utama.

Apa yang teman-teman lakukan untuk meningkatkan produktivitas setelah liburan?

Comments

  1. Nur Irawan says:

    aku nunggu mood booster dea menyanyikan lagu lagi di Souncload πŸ™‚

    1. Masih lama mas Ir, kemaren ngerekam gagal terus πŸ˜…

  2. kunudhani says:

    Semaaangat dea😘

    1. Semangat juga mba Kunu πŸ˜„πŸ˜„

  3. Diptra says:

    Masiiih liburan, jadii belom direncanakan gimana menghadapi pekerjaan kantor pekan esok πŸ˜…

    1. Karena saya jawabnya kelamaan, Sekarang udah masuk kantor kan? Hohoho

  4. Bang Ical says:

    Aku nambah poin ke-5:

    Rekam lagu! Uuuuuuuuuh i love your voice Kaaak 😍😍😍

    1. Kemaren aku udah ngerekam beberapa bang, tak dengerin lagi, eh suaranya kok ya ancur πŸ˜‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *