Pharmacy Talk : Sudah Yakin Anda Menggunakan Obat Dengan Benar?

Apakah kamu sudah menggunakan obat secara baik dan benar?

Pengetahuan dan kesadaran obat masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut menurut saya yang wajib dibenahi. Yuk mulai sadar obat! πŸ˜€

Pekan lalu saya dan teman-teman Apoteker wilayah Banyumas, mensosialisasikan gerakan DAGUSIBU melalui acara Bakti Sosial serta penyuluhan langsung secara pribadi kepada masyarakat di Desa Jipang, Banyumas. Nah DAGUSIBU ini, sebetulnya sudah dimulai pada tahun 2015, namun masih banyak orang yangΒ  belum mengenal hal ini.

Processed with VSCO with 3 preset

Processed with VSCO with 3 preset

Kalau kamu, sudah tau belum?

dagusibu

Yang pertama, yaitu DAPATKAN.

Belilah obat ditempat yang sudah jelas ter-registrasi dengan pengetahuan Associate nya yang sudah dinilai mumpuni, yaitu dimana lagi selain Apotek. Di Apotek, barang yang didapatkan terjamin mutu dan keamanannya, apalagi jika disertai info obat yang jelas dari Apoteker yang sedang bertugas. Apalagi kalau Apoteker yang bertugas pinter, cantik, ganteng, baik hati pula. Aduh kalau begitu pasti semua orang pasti kepengen dong beli obat di Apotek terus…

Yang kedua GUNAKAN.

Selalu tanyakan nama zat setiap obat yang kamu dapatkan, jadi kamu tidak iya-iya saja dan pasrah menerima pengobatan yang kamu dapatkan dari resep dokter atau swamedikasi apoteker. tanyakan cara menggunakan yang tepat, dosis yang digunakan, serta kegunaan nya untuk apa. Jangan sampai karena info yang kamu dapatkan kurang, kamu jadi salah menggunakan obat. Contoh kasusnya yaitu : Sediaan suppositoria (obat yang dimasukkan ke dalam *maaf* dubur) digunakan dengan cara diminum dengan segelas air. Aduhh. Gak mau hal tersebut terjadi kan?

Yang ketiga yaitu SIMPAN.

Simpan obat-obatan sesuai dengan “Alam” nya. Loh kok gitu? FYI, bukan cuma makhluk hidup yang punya alam yang berbeda. Obat pun begitu. Ada beberapa obat-obatan, misalnya injeksi Insulin, antibiotik Co Amoxiclav, dan sediaan rektal atau vaginal yang harus disimpan pada suhu dingin. Kamu bisa menyimpan sediaan tersebut pada kulkas dengan suhu biasa (bukan freezer). Dan untuk obat-obatan yang penyimpanannya pada suhu ruangan, kamu bisa meletakkannya pada lemari yang terhindar dari cahaya matahari langsung. Semua kesesuaian penyimpanan ini ditujukan untuk menjaga agar obat tidak rusak dari segi kadar, sediaan, maupun dari cemaran lain.

Yang keempat yaitu BUANG.

Seperti kenangan dengan mantan yang sudah expired *halah*, obat juga harus dibuang apabila kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi. Darimana kita mengetahui jika obat tersebut sudah tidak bisa dikonsumsi?

  1. Jika obat-obatan sudah lewat dari tanggal expired yang tertera pada kemasannya.
  2. Jika obat sudah berubah warna dan bentuk
  3. Untuk sediaan sirup, jika belum dibuka maka masa expirednya adalah sampai tanggal yang tertera. Namun apabila sudah dibuka, maka tenggat waktu yang terbaik untuk mengkonsumsinya adalah 2 bulan sejak botol dibuka. Untuk sediaan tetes dan salep mata adalah kurang dari 1 bulan.

Nah bagaimana jika kamu ingin membuang sediaan cair ataupun tablet obat agar tidak mencemari lingkungan? Buka kemasan sirup ataupun blister obat, masukkan obat ke dalam plastik lalu buang sesuai dengan kategori sampahnya, kering atau basah. Lalu buang blister tablet ataupun botol sirup ke tempat sampah anorganik.

Masih bingung? Butuh peragaan?

Berikut adalah lagu tanya apoteker dari Ikatan Apoteker Indonesia

Nah, cantik-cantik kan mbak-mbak Apoteker di Video?

Oke-oke jangan hilang fokus dulu.

Tanya obat, tanyakan ke Apoteker!

Please, feel free to contact and ask me anything about your therapy and drugs.

Mari mulai sadar pentingnya kesehatan dengan gerakan keluarga sadar obat! πŸ˜€

Processed with VSCO with 3 preset

Comments

  1. Hahahhaha asli lagunya lucuu :3
    Coba aku udah tau duluan, pas kita ketemu tau gitu aku minta dinyanyiin lagu iniiii!!! hahaha xD

    Dagusibu dagusibuuu :3

    1. Hahah next time yaaa!! πŸ˜†πŸ˜„

  2. Nur Irawan says:

    Wah,kayaknya suami yang beristrikan seorang dokter atau perawat itu beruntung banget…
    Kan urusan kesehatan ada yang merhatikan… xD

    1. Wah kalau yg beristrikan apoteker berarti biasa aja ya mas? wkwkwk

      1. Nur Irawan says:

        Tergantung, kalau suaminya bisa bersyukur, ya berarti istrinya wuar biaassaaaa

        1. Hahah oh gitu ya mas, oke deeh πŸ˜†

Leave a Reply to Si Rakun Kecil Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *