Yuk Baca Buku di Perpustakaan!

Perpustakaan di Indonesia, identik dengan image jadul dan kurang up to date. Orang lebih memilih untuk pergi ke pusat perbelanjaan dibandingkan membaca buku. Menurut penelitian yang diadakan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2015 , minat baca buku orang Indonesia masih sangat minim. Dari 76 negara yang diteliti, minat baca orang Indonesia berada pada peringkat 69. Dan yang lebih mengejutkan, peringkat Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara yang diteliti oleh Central Connecticut State University tahun 2016, dalam data World’s Most Literate Nations. tidak ketinggalan juga data dari UNESCO tahun 2012 menunjukkan bahwa indeks tingkat membaca orang Indonesia hanyalah 0,001.

It means, dari 1.000 penduduk, hanya ada 1 orang yang mau membaca buku dengan serius.

Walaupun dalam kenyataannya informasi maupun berita bisa didapatkan dalam suatu web ataupun warta berita online, menurut saya tetaplah buku tidak bisa di nomor duakan. Tidak hanya sumber ilmu (oke kata-kata ini terdengar klise) tapi buku merupakan sudut pandang  hidup dari sang penulis. Kita bisa tau bagaimana rasanya menjadi mereka, berada pada kacamata mereka, saat sedang membaca tulisannya. It’s like “Put oneself in else’s shoes” idiom. Merasakan menjadi mereka. Tidak melulu hidupmu adalah tentang dirimu sendiri.

beauty-n-the-beast

beauty

Hands down the best library ever seen in movies

 Nah untukmu yang suka membaca dan membeli buku-buku baru, berbagai pengarang best seller di toko buku ternama yang karyanya sudah dikenal masyarakat modern seantero negara atau dunia mungkin sudah kamu ketahui. Tapi apa kamu mengenal sastra lama yang berasal dari negaramu sendiri? Hal ini yang menjadi nilai lebih dari suatu perpustakaan. Buku-buku maupun sastra lama tersebut mungkin tidak akan kamu temui di toko buku modern. Padahal sastra lama atau buku yang mungkin terlihat kurang bagus, kurang menarik, atau bukan best seller lah yang mempunyai nilai lebih.

Demikian juga terkait dengan budget. Perpustakaan daerah adalah salah satu fasilitas dari negara yang 100% gratis. Dari mulai pembuatan kartu, peminjaman, fasilitas wifi, maupun ruang bermain anak-anak (bagi anak dibawah 6 tahun) semua bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Hal ini menguntungkan sekali terutama untuk orang dengan paham “pengiritan” seperti saya. Semua gratis! 😀

Di tempat tinggal saya, Purwokerto, termasuk salah satu daerah dengan perpustakaan yang cukup mumpuni. Pelayanan yang baik serta fasilitas jempolan membuat saya betah berjam-jam berada disini.Buku-buku yang tersedia juga lumayan lengkap, dari buku karangan lama hingga tahun 2016 ada. Kamu juga bisa me-request buku sebagai saran apa yang selanjutnya menjadi stok buku baru di perpustakaan daerah.

20160919_102605

Sistem buku tamu yang sudah terkomputerisasi. Jauh dari kesal jadul kan?

20160919_102715

BI Corner merupakan fasilitas buku yang bisa dinikmati ditempat langsung, isinya macam-macam mulai dari buku perekonomian hingga sastra. Buku-buku dari BI Corner belum bisa dipinjam untuk dibawa pulang.

20160919_102725

Ruang bermain anak dibawah 6 tahun. The best facilities on Public Library (According to Sasya point of view). Sasya, keponakan saya, sangat suka bila diajak saya ke perpustakaan daerah karena suatu hal : Mainannya yang lengkap dan lagi-lagi, 100% gratis! 😀

20160919_102735

Loker tempat penyimpanan barang

20160919_102911

Rak-rak buku di dalam perpustakaan (Pardon this photo. And yes I’m such a terrible photographer)

20160926_084137

Ruang baca dengan fasilitas WiFi, full AC dan juga colokan listrik di setiap meja. Makin betah berjam-jam disini..

20160926_084237

Rak buku di ruangan baca untuk majalah dan juga beberapa komputer disudut ruangan yang bisa digunakan langsung.

Untuk jam layanan, perpustakaan ini buka setiap hari (kecuali hari libur nasional tutup), yaitu :

Senin – Kamis, Sabtu   : 07.30 – 18.00 WIB

Jumat        :

Buka Jam          :  07.30 – 11.00 WIB

Istirahat             :  11.00 – 13.00 WIB

Buka kembali     :  13.00 – 18.00 WIB

Nah buat kamu yang ingin berkunjung langsung aja mampir ke Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas ini, Jln. Jenderal Gatot Subroto no. 85 Purwokerto.

airbrush_20160927011447
My favorite spot, the window seat

Yuk budayakan membaca buku! 😀


Comments

  1. Aaaa ada Belle 💕💕 sangat! Hehe

    Duh sendirian aja mba bacanyaa 😝

    Terakhir ke perpus jaman kuliaah, emg nyaman banget baca disana.. ☺
    Yuk, Indonesia membaca dan menulis! ☺🙌

    1. Oiya BI Cornernya keren abis!

      1. Belle mirip-mirip aku lah ya…. 😂 Oh kamu geleng2? Yo wes aku melipir….

        1. Umm katanya kamu sukanya Cinderella :p

  2. A. says:

    Kalau kmrn habis sit in di kelas anak ilmu perpustakaan, targetnya perpus harus senyaman mgkn dan pengen bgt liat perpus d australia yg bahkan ada sofa khusus utk tidur, istirahat shbs nugas. Kalau gitu saya betah bgt mbaa 😁

    Aakkk perpusnya keren ada tmpt bermain anak gitu, jd aman bw anak2 ga rewel ya mba

    Anyway saya suka pemilihan warna lipstiknya mba, manis 😍😍

    1. Kalau gitu aku bikin tenda di perpus aja mbaaaa… Hehehe…

      Hahah mbak Ariiiin salah fokus,jadi liatin lipstiknya 😂😂

  3. Bang Ical says:

    Mari hadirkan lapak buku di tengah masyarakat Kak 😃 Anak muda, dalam rangka menyikapi malasnya masyarakat ke perpustakaan, mesti bergerak menghadirkan perpustakaan dan mendistribusikan buku di tengah2 masyarakat 😃

    Merebut ruang publik dan memenuhinya dengan buku 😃

    1. Setuju bang! Aku sebetulnya ingin memulai di wilayah ku tapi masih bingung gimana 😅

      1. Bang Ical says:

        Ajak kawan dulu, Kak Dea 😊 ajak yaa empat atau lima orang 😃

  4. shiq4 says:

    Saya suka baca buku. Tapi sudah juarang ke perpustakaan daerah. Di tempat saya belum banyak buku baru. Yg ada buku2 lama. Itypun sudah saya baca sejak SMP dulu. Seandainya saja perpustakaan menyediakan buku2 baru, tentu saya akan rajin berkunjung.

    1. Iya kendalanya kadang disitu sih mas…. Bukunya kadang kurang update. Tapi buku2 lama juga banyak yg menarik loh mas… Hehehe

  5. Diptra says:

    Hmmm bisa dicoba nih ke perpus. Dari dulu ga pernah sambang perpustakaan pemerintah.

  6. JD ngingetin buat mampir perpus baru di jogja. Stelah yg lama ditutup pemda 😀

    Happy Reading mbak! ^^

    1. Perpus apa to mas namanya kalo di Jogja?

      Happy reading juga mas! 😀

      1. Perpusda juga kok, lokasinya dekat JEC jalan janti (katanya sih, soalnya say a blm pernah kesana. Tapi melihat posting an temen2 Ku besar banget emang)

  7. suka bgt tempate nyaman bgt yah, pingin rasanya menjelajahi dunia lwt buku yang ada di perpustakaan banyumas

  8. Agus Bhatara says:

    Perpus,a bagus yah, macing warna dan tata letaknya.
    Lipstik sama hijabnya juga mecing. 🙊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *