Things I’ve Learned From : Single Life

S-I-N-G-L-E

Sebelum kita masuk ke topik pembicaraan, alangkah baiknya kita mengetahui apa arti dari kata “single” atau “single person”. Merunut dari wikipedia :

In legal definitions for interpersonal status, a single person is someone who is not in a relationship or is unmarried. In common usage, the term ‘single’ is often used to refer to someone who is not involved in any type of serious romantic relationship, including long-term dating, engagement, marriage, or someone who is ‘single by choice’. Single people may participate in dating and other activities to find a long-term partner or spouse.

Oke, setelah kita tahu apa arti single, tanyakan ke dirimu sendiri :

Apakah kamu single?

SELAMAT!

Loh, single kok malah selamat? Kamu harus tahu, jika kamu single, itulah kekuatanmu!

Believe it or not, We live in a screwed up world. Yes I said it, a screwed up world. Kita hidup di jaman ketika semua orang berpikir bahwa single atau jomblo adalah sesuatu yang menyedihkan. No companionship whatsoever. Kata orang sih, nda gaul kalo nda punya pacar atau calon significant other. Nda cantik dan ganteng lah katanya. Nanti kalau mau jalan-jalan, harus sendiri, gitu? Terus kalau makan, siapa yang bakal temenin? Lalu kalau mau pergi, siapa yang anterin?

Dependent generation. That’s what I called it. Ya, saya sempat mencicipi menjadi seseorang yang bergantung. Dibalik kebergantungan saya yang berlarut-larut kepada orang ini, lama-lama menimbulkan sebuah titik jenuh diantara kami. Dan jujur, pertama kali menjadi single, it sucks. Ketika biasanya saya diantar kemana-mana, ini saatnya saya berpergian sendirian. Atau hal sepele, tidak ada lagi yang mengucapkan selamat tidur lewat telfon ataupun seseorang yang mengirmkan emoticon hati halah.

Tapi lama kelamaan, saya mencoba sesuatu yang baru saat saya single. Setiap harinya, selalu ada pelajaran hidup yang bisa saya ambil. Tidak semua kehidupan single adalah tidak mengenakkan. You just have to cherish it!

allah_zpsb6d575d1

Yang pertama, saya belajar untuk menjadi seseorang yang lebih dekat kepada Tuhan. Miris ketika saya mengetahui diri saya sendiri, ingin mendekat kepada Tuhan, hanya ketika sedih. Lalu saat saya bahagia, saya kemana? Atau saat saya sedang bergantung kepada pria yang bukan imam saya, saya kemana? Ya, sedih untuk mengetahui hal itu pertama kali. Tapi menurut saya, tidak ada kata terlambat untuk seseorang mendekat kepada Tuhan. Mengenal lebih dekat Allah adalah sesuatu yang tidak bisa ditukar dengan apapun.

backpack

Kedua, saya belajar untuk mandiri. Dari mulai tidak bergantung secara psikis kepada siapapun, sampai dengan traveling sendirian. Masih takut pergi terlalu jauh sendiri? Maklum bagi para perempuan. Berpergian tidak melulu harus ketempat yang jauh kok. Kamu bisa mulai kesendirianmu dengan, makan diluar sendirian contohnya. Jalan-jalan sendirian, ataupun mengeksplor kota mu sendiri. Kamu juga harus mengetahui taktik untuk jalan sendiri. Asal selalu waspada dan hindari tempat berbahaya ya.

Ketiga, seorang yang single punya kesempatan untuk bergaul dan menerima pelajaran hidup lebih banyak lagi. Kamu punya banyak waktu untuk berpikir dan melakukan eksekusi tentang masa depanmu. Apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Berteman lah sebanyak-banyaknya dan sebaik-baiknya dengan niatan berteman yang tulus. Kalau kamu menemukan seseorang yang dirasa cocok untuk mengakhiri ke-single-an mu, akhirilah dengan baik dan halal.

photomania-92fdc87cfc7c51f288832a7d93874f18

Keempat, saya belajar banyak hal yang selama ini saya tidak ketahui dan mempunyai banyak hobi baru. Untuk saya pribadi, waktu yang biasa saya gunakan untuk memikirkan pasangan di waktu lampau ternyata sia-sia. BANYAK sekali hal yang saya lewatkan. Saya melewatkan buku-buku yang belum terselesaikan, ukulele yang saya biarkan begitu saja, dan juga benang wool serta alat rajut yang dirajut hanya sampai setengah karena tidak pernah diteruskan, dan masih banyak lagi.

Yang terakhir, closure. Tidak mudah pastinya untuk melupakan semua komitmen dan seluruh perhatian, energi, serta perasaan kepada satu orang yang sama. Tapi itu dulu. Sekarang? kamu harus bisa berdamai dengan masa lalu. Melupakan dan mengikhlaskan yang telah terjadi tidak akan mudah. Waktu dan berbagai akumulasi kejadian yang akan terjadi di waktu-waktu hidupmu yang akan datang lah yang akan membunyikan tombol “click” pada hatimu. Bahwa kamu siap untuk melepas semua itu dan mencintai dirimu sendiri lebih dari hari kemarin. And there is nothing wrong with it.

This is the end scene of “How To Be Single” movie, Starring Dakota Johnson and Rebel Wilson. It’s hillarious with extra insanity. But at some point, it sure worth watching! 😀

PS : Tulisan ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke 1 blog yang sedang anda baca. Yay for the first awesome year!


Gambar :

http://www.searchquotes.com/

http://kids.britannica.com/

Comments

  1. Selamaat! Semoga dan selalu bahagia yaa! Single maupun ganda campuran nantinya XD

    Selamat juga ulang tahun yg pertama, keep blogging, Dea!

    1. Selalu bahagia dooong! 🙂
      Makasih toro,let’s keep blogging!

  2. Nur Irawan says:

    Jomblo karena Allah itu Bahagia dunia akherat 🙂

    1. Haha iya Insya Allah mas irawan 😀

  3. Happy anniversary 1st buat blognya mbak. Yup! Single tdk buruk kok (seperti yg dikata org2 jaman skrg). Malah ia memberikan kita waktu untuk mengembangkan diri kita sendiri 🙂 Semangat!

    1. Makasih mbaa 😊
      Ah betul banget,banyak hal yang bisa dilakukan untuk berkembang jadi lebih baik lagi!
      Semangat juga mba… Eh panggilnya mba siapa nih? Hehe 😆

      1. Iya mbak sepakat!~
        Panggil amel mbak 😀

      2. Panggil amel aja boleh mbak 😀

  4. Rissaid says:

    Happy Anniv mba Dea!

    Saya suka inii!

    1. Makasih Mba Rissaaa! 😘

  5. mfadel says:

    Setuju, 100% Sepakat!
    Btw selamat ulang tahun blognya Mba Dea

    1. Makasih maaas 😀

  6. Dalam sejarah, banyak para jomblo-jomblo keren dari Ibnu Taimiyah hingga Tan Malaka, tapi mereka tak lupa menginspirasi dunia melalui karya-nya. Ya, meskipun menikah tetep lebih baik sih 🙂

    Anyway, selamat satu tahun! buktikan kalau seorang jomblo *eh maksudnya blogger juga bisa menginspirasi 🙂

    Pokoknya #peacelove&gaul! 😀 *kayak acara TV jaman jadul 😀

    1. Single + berkarya itu goal
      Menikah + berkarya itu goal utama! 😂
      Makasih mas, ga kerasa udah setaun sih…

      Itu jebakan umur banget jargonnya… Ketauan udah lumayan banyak digit usia nya hahaha ya ampun. Dwi Andika kan dulu presenternya? *eh ketauan juga deh umur saya

  7. momo taro says:

    Hidup single…. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *