Pharmacy Talk : 7 Alasan Mengapa Apoteker Adalah Jodoh yang Tepat Untukmu

apoteker

 

Masih single?

Ssssst saya ada satu rahasia yang mungkin kamu belum tahu : Apoteker adalah jodoh yang tepat untukmu!

Apalagi ada 7 alasan (bahkan lebih!) yang bisa kami berikan untuk membuktikan hal tersebut.

Kok bisa?

Itu karena seorang apoteker mempunyai tugas serta aturan dalam menjalankan keprofesiannya. Badan Kesehatan Dunia atau yang dikenal dengan WHO, meluncurkan sebuah konsep bernama 7 star of Pharmacist atau 7 Bintang Kefarmasian. 7 Star of Pharmacist ini diperkenalkan oleh WHO untuk menghasilkan apoteker yang berkualitas dalam menjalankan praktek kefarmasian yang berkualitas pula. Apabila ke 7 nya dilakukan, maka akan menghasilkan sistem pelayanan kesehatan yang terbaik.

Seorang apoteker dituntut untuk selalu menerapkan ke 7 bintang ini pada jiwa serta perilaku kesehariannya. Apa saja sih, lalu apa hubungannya dengan jodoh? yuk kita lihat!

1. Care Giver

Dalam memberikan pelayanan kefarmasian, seorang apoteker dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik kepada individu-individu ataupun masyarakat. Apoteker harus menjaga pelayanan yang berkesinambungan dan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pasien. Bayangkan kalau pasanganmu adalah apoteker yang care giver, disayang terus setiap hari? diperhatikan dan dicukupi kebutuhannya? Pastinya!

2. Decision-Maker

Apoteker harus bisa menentukan terapi yang paling aman dengan efikasi dan biaya yang efisien maupun relevan terhadap pasien dan penyakitnya. Sama halnya dengan apoteker pada industri farmasi yang dituntut untuk membuat keputusan pada penggunaan seluruh sumber daya manusia dan bahan, agar obat, makanan maupun kosmetik yang dihasilkan dapat memenuhi standar yang ditentukan. Keputusan tersebut tentunya disertai dengan pengetahuan yang cukup luas serta intuisi yang baik. Untuk menentukan pilihan saja apoteker gak ragu, Apalagi memilih kamu untuk jadi pasangan hidup?

3. Comunicator

Apoteker mempunyai peranan penting dalam hubungannya kepada pasien maupun tenaga kesehatan lain. Karena itu dibutuhkan skill komunikasi yang bagus untuk dapat bekerja sinergis dan menghasilkan terapi yang sesuai dengan harapan. Kemampuan berkomunikasi verbal, non verbal, mendengar, membaca (termasuk membaca resep) dan menulis, serta penggunaan bahasa yang baik dan benar. Kalau pasanganmu apoteker, ga ada lagi deh yang namanya miskomunikasi apalagi berantem karena hubungan yang gak lancar.

4. Manager

Apoteker harus efisien serta efektif dalam menggunakan dan mengelola sumber daya baik manusia, peralatan, maupun anggaran. Apoteker juga harus dapat memimpin dan dipimpin, yang kaitannya dengan rekan kerja, atasan, serta tenaga kesehatan lainnya. Bayangkan jika jodohmu adalah seorang apoteker, urusan keuangan, rumah tangga, dan juga yang lainnya, pasti akan diatur dengan sangat baik.

5. Life-long Learner

Dalam menjalankan keprofesiannya, apoteker harus bersedia untuk belajar seumur hidup. Didasari pada perkembangan teknologi serta ilmu pasti yang semakin lama semakin pesat terutama pada bidang obat-obatan. Mereka harus menjamin bahwa ketrampilan serta keahliannya berdasarkan pada ilmu yang up to date. Belajar aja seumur hidup, bisa bayangkan bagaimana ia nanti belajar untuk hidup bersamamu? *uhuk*

6. Teacher

Apoteker bertanggung jawab untuk mendidik generasi yang akan datang, baik calon apoteker baru maupun masyarakat sekitar. Tidak hanya berbagi pengetahuan, partisipasi apoteker juga berperan pada peningkatan taraf kesehatan masyarakat. Sebagai apoteker saja mampu menjadi “guru” yang baik, apalagi sebagai pasangan hidup dan pendidik untuk anak-anakmu kelak? *uhuk*

7. Leader

Last but not least, Leader. Apoteker harus mampu memimpin dengan baik. Yang kaitannya dalam penggabungan antara pengambilan keputusan, mampu mengatur smber daya dengan baik, dan mengkomunikasikan informasi dengan benar. Bayangkan kalau seorang apoteker menjadi pendampingmu, yang perempuan pasti akan selalu bahagia karena dipimpin oleh seorang pemimpin yang baik. Dan untuk yang pria, siapa yang tidak suka sih dengan wanita yang bisa menjadi “ratu” rumah tangga yang baik? 😀

Diantara 7 diatas, ada 3 tambahan sifat seorang apoteker antara lain : Researcher (peneliti), Enterpreneur, serta Positive Inovative. Semua 7+ Stars of Pharmacist harus sebisa mungkin diamalkan dan dijiwai pada setiap apoteker.

Dari semua alasan diatas, masih ragu untuk memilih apoteker sebagai pendamping hidupmu?

NB : This is my fun way to show you our role of pharmacist. Semua dihubungkan dengan cara yang lebih menyenangkan. Tidak ada maksud atau tujuan tertentu. Kecuali setelah membaca artikel ini, kamu bermaksud untuk mencari apoteker untuk dijadikan pasangan hidup. Kalau itu terserah anda 😀


Resource : Thamby and Subramani. 2014. Seven-star pharmacist concept from WHO. Available from : www.jyoungpharm.org (Last Accessed on 22nd April 2016)

 

Comments

  1. 7 star of Pharmacist ini mungkin kalo di teknik disebut Engineering Ethics ya?

    Well done! your propaganda is awesome! 😀

    1. eh Engineering Ethics ada ya mas?apa aja sih?
      hahaa propaganda serius amat bahasanya, jadi inget film jungle book. But thanks! 😀

      1. Banyak sih mbak, kl dijelasin butuh course 1 semester 🙂

  2. mfadel says:

    Kode kerassss 😆

    1. ini bukan kode mas, ini strategi perang 😀

  3. ali shodiqin says:

    kode yang beraat…hehhe

    tapi bisa juga jika di coba menikah dengan apoteker..
    salam blogger….

    1. Haha ini bukan kode kok, cuma fun way untuk mengenalkan apoteker ke masyarakat saja…
      Salam blogger juga mas! terimakasih sudah bersedia mampir 🙂

  4. Ok klo begitu, bungkus apoteker nya 1 mbak

    1. waduh coba cari di apotek terdekat saja mas! 🙂

  5. winnymarlina says:

    point no 1 ok banget dah

  6. Leli says:

    Dan anak jurusan farmasi biasanya cakep cakep hihihi

  7. yg punya blog masih available ga?

    1. wah haha aduh mas, available itu konteksnya luas ya 😀

      1. mungkin dipersempit aja. apakah yang punya blog sudah dimiliki seorang pendamping hidup atau kekasih?

  8. Apakah ini kunjungan pertama Saya?

    1. Wah bisa jadi 😄

  9. kutukamus says:

    Ooh, begitu to.. (langsung meluncur ke apotek-apotek terdekat) 😀

    1. Hehe silahkaan 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *