Arti Sebuah Nama

 

baby name

Kata orang, nama adalah doa yang diberikan orang tua kepada anak, dengan harapan bahwa anak tersebut dapat tumbuh besar menjadi yang diharapkan kedua orangtuanya. Ada yang memberi nama “Ayu” karena ingin anaknya suatu saat menjadi seseorang yang cantik, atau “Rahmat” agar ia senantiasa diberi rahmat, atau apapun yang menjadi doa orangtuanya. Tapi mungkin beda cerita dengan berita yang kemarin sempat hangat dibicarakan, yaitu orang dengan nama “Tuhan” ataupun “Saiton”.Kalau saya pribadi, tidak mau berbicara banyak tentang hal tersebut, tapi alangkah baiknya jika orangtua benar-benar mempersiapkan nama yang baik bagi anaknya, yang tidak mengandung unsur negatif, serta dapat menyebabkan permasalahan dikemudian hari.

Tapi bukan, bukan nama-nama kontroversial tersebut yang akan saya tulis disini. Melainkan arti dari nama saya sendiri. Sekitar kurang dari 24 tahun yang lalu, ibu saya memberikan nama “Deantari Karliana” untuk saya. Nama yang cukup langka disini. Nama Dea memang banyak, tapi Deantari? Ketika beberapa hari yang lalu saya searching sendiri nama saya di google (kurang kerjaan,kan?) saya hanya menemukan 2 orang dengan nama yang sama.

Saya ingat, pada saat saya duduk di kelas 2 SD, guru Bahasa Indonesia saya memberi tugas. Tugasnya adalah untuk menuliskan arti nama dari masing-masing siswa. Ketika saya menanyakan arti nama saya kepada Bapak dan Ibu, mereka saling bertatapan satu sama lain dan tertawa. Kemudian Bapak saya menjawab :

“Artinya anak hebat yang pada waktu lahir bapaknya sedang dipematang siantar!”

Saya sebagai anak bau kencur kecil manggut-manggut saja mendengar penjelasan dari Bapak. Esok harinya, saya memberitahukan arti nama tersebut didepan kelas. Tapi entahlah, mungkin teman-teman saya yang masih kecil-kecil juga ini belum tahu kalau bapak sebenernya ngarang. Dan bodohnya, saya baru sadar saat saya SMP. Hal yang saya sadari yaitu : Nama saya tidak ada artinya.

Well, sebenarnya gak ada artinya banget juga ndak. Ibu memilih nama “Dea” karena saya lahir di RS Tiara Dita, Bengkulu Kota. Ibu saya ingin mengambil nama Dita dari nama rumah sakit tersebut, tetapi tidak mau secara eksplisit. Jadi nama Dea dipilih. Kemudian kepanjangan “Deantari” disambung dari kata Pematang Siantar, ya memang benar penjelasan Bapak yaitu saat saya lahir, Ibu hanya ditemani saudara, sedangkan Bapak  sedang bertugas di Pematang Siantar (Sumatera Utara). Dari hasil penyambungan itu didapatkan “Deantar” tanpa i. Karena masih nanggung, maka ditambahkan i lah nama saya, menjadi “Deantari”. Sedangkan Karliana adalah singkatan nama dari Bapak dan Ibu. Kedua kakak saya yang lain juga memakai nama Karliana diakhiran namanya (sering sekali salah kira dengan “Karlina” di ijazah dll).

Fiuh, penjelasan yang panjang ya?

Pantes Bapak bingung jelasin waktu saya kelas 2 SD.

Anyway, akhir-akhir ini saya iseng mencari arti nama saya. Kalau Deantari, saya sudah nyerah deh, tapi kalau arti kata “Dea” saya pikir, pasti ada kan artinya?

Pencarian saya menemukan hasil seperti ini :

arti nama

 

Yah lumayan kalau dipikir-pikir. Ternyata tetap terselip doa didalam nama saya. Walaupun itu kebetulan.

Apa arti dari nama anda? Apapun itu, jaga sebaik-baiknya dan tetap jadi pribadi yang positif ya! 🙂

Comments

  1. Kalau namaku udah jelas banget… ada 5-6 bahasa di dunia yg pronounce dan artinya mirip 😀

    1. deantari says:

      Eksplisit banget ya mas… ga pake searching juga udah tau artinya hehehe. wah, kok tau,bahasa apa aja?nyari gitu?niat yo mas… kalo namaku aku sudah nyerah, aku ubek2 di google ya artinya itu doang 😐

      1. Ngga nyari sih, hanya kebetulan aku punya temen dari beberapa negara yg bahasanya beda2. Nah, pas perkenalan… mereka langsung ngeh, ‘nama itu, juga ada dibahasaku bla.. bla…’. Itu udah 3-4 orang yang ngomong begitu, apalagi ditambah Jawa dan bhs Indonesia 😀

  2. Mortyfox says:

    Menarik! Saya kira nama mba ada hubungannya dengan mentari.

    Oh iya saya juga pernah dengar, kalimat ” dari siantar pasti top” berarti mba bakalan top! *itumah iklan ciki*

    Btw saya juga mau pamer.
    Nama saya dari tiga bahasa negara. Coba tebak!

    1. deantari says:

      hahaha.. itu mah iklan french fries 2000, korban iklan ya mas nya 😀
      3 bahasa negara?walah banyak bgt.apa aja mas?mau tebak ga ada clue nya..

  3. cappucinot says:

    Hehe ada ada aja tuh orangtua bohongnya, tapi emang iya sih, percuma kalo dijawab secara jelas tapi umur waktu kita nanya masi seumuran anak ingusan hehe apapun dibilang iya

    BTW semoga berkah deh dengan nostalgia arti namanya ka hehe

    1. deantari says:

      haha iya namanya juga anak kecil, kasihan juga dijelasin panjang2 nanti gak mudeng 😀
      amiiin, btw, terimakasih sudah mem-follow 🙂

      1. cappucinot says:

        iyah sama sama hehe, lagi pengen cari referensi nih, biar semangat nulis di blog lagi hehe

  4. Nama yang cantik, apalagi Karliana nya 😀
    Anyway yang tahu arti nama gue adalah yang wawasan kebangsaannya bagus (ngerti pancasila) hehe

    1. pasti kesaktian pancasila! hehehe

      1. Tepat sekali hahaha 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *