Perempuan terkuat

Perempuan itu adalah perempuan terkuat yang pernah ada dihidupku.

Yang pelukan,
Dan wangi tubuhnya sangat aku kenali.

image


Aku ingat betul.

Ketika ia harus menjadi “kepala rumah tangga” saat suaminya bekerja jauh dari rumah. Dan aku baru tahu sekarang. Itu sama sekali tidak mudah.

Ketika ia dengan sabar merawat ayahnya yang tua dan telah terbaring lemah itu dengan sabar.

Ketika ia bahkan harus merawat anak-anaknya yang masih kecil dan selalu rewel sendirian.

Ketika ia dengan keadaan ekonomi yang terdesak, masih sanggup membagi uang dengan baik, serta selalu menyediakan makanan bergizi untuk kami.
Asal kau tau, boro-boro perempuan ini berfoya-foya. Baju saja, kalau tidak sampai rusak betul, tidak akan ia membeli yang baru.

Ketika ia dengan tegas berkata kepadaku jangan menjadi anak yang cengeng, lemah dan tukang mengeluh. Kalau perempuan itu harus kuat dan tangguh.
Kau kira semua wanita Jawa lemah? Tidak. Ia wanita Jawa tulen yang masih mematuhi adat istiadat leluhur hingga sekarang. Soal 3 kriteria wanita Jawa (Macak, Masak, Manak) masing-masing ia penuhi dengan sempurna.Namun ia selalu tegas dalam bertutur kata maupun berperangai.

Ketika ia berkata betapa beruntungnya kami, bisa bersekolah hingga bangku kuliah, sedangkan ia dulu tidak memiliki kesempatan yang sama.
Hey tapi jangan salah, ia adalah seorang yang cerdas. Hanya keadaan saat itu yang membuatnya tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah tinggi.

Kini,
Ia masih tetap menjadi perempuan yang sama.

Yang cantiknya masih terpancar di usia yang tidak lagi muda.

Yang tetap tersenyum dalam kesederhanaannya.

Yang tetap aku kagumi dan selamanya akan menjadi panutan.

Kau pasti sudah tahu siapa yang aku maksud. Dengan membaca tulisan ini pun, kau sudah membayangkan sendiri siapa perempuan terkuatmu. Yang entah jauh ataupun dekat, akan selalu ada di hatimu selamanya.

Aku tahu, kasih sayangmu terhadapnya mengalir setiap harinya dan tidak akan pernah pudar. Namun alangkah baiknya jika kita merayakan dan meluangkan 1 hari saja, untuk mengingat serta merenungkan jasa-jasa luar biasa dari perempuan ini.

Di tanggal 22 Desember ini,mari kita luangkan waktu sejenak untuk menyalami perempuan tersebut, memberikannya ucapan serta pelukan hangat. Atau menyempatkan hal kecil berikut : mengiriminya doa agar hidupnya selalu dilimpahi rahmat di dunia dan akhirat. Hanya itu saja. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu beberapa menit untuk perempuan yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya untukmu bukan?

Dan teruntukmu perempuan terkuatku,

Selamat hari ibu, Bu.


Picture from : http://macrophotoz.com

Comments

  1. Wah, ibunya Mbak hebat. Salam hangat untuk ibunya, Selamat hari ibu 🙂

    1. deantari says:

      Sudah saya sampaikan,terimakasih kata beliau 🙂
      Selamat hari ibu juga Mas untuk ibunya, semoga selalu sehat dan diberkahi setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *