Yuk Buat Jurnal Rasa Syukur / Gratitude Journal !

gratitude

Syukur, tentunya tidak lepas dari kehidupan manusia beragama. Berbagai cara dapat digunakan untuk membuktikan rasa syukur kita dengan Maha Pencipta. Dalam ajaran islam, ucapan syukur biasa dilakukan dengan menunaikan Shalat dan mengucapkan “Alhamdulillah” (segala puji bagi Allah). Tidak hanya di ajaran Islam saja, setiap agama juga mewajibkan umatnya untuk selalu mengucap syukur atas karunia yang telah diberikan.

Tapi terkadang banyak hal yang membuat manusia melupakan rasa syukur. Saya salah satunya. Pernah disuatu waktu, ketika saya berada dalam posisi yang saya anggap susah, tidak jarang saya mempertanyakan hal tersebut kepada Tuhan. Saya lebih sering mengucap syukur saat mendapat suatu apresiasi, bukan pada saat kondisi susah. Hal tersebut yang membuat saya selalu merasa kurang dan kurang. Apapun dan berapapun harta benda yang dimiliki, tidak saya sertai dengan ucapan syukur.

gratitude journal

Salah satu cara untuk menikmati rasa syukur saya setiap harinya adalah dengan membuat Jurnal Rasa Syukur (Gratitude Journal). Jurnal ini saya tulis setiap harinya (biasanya pada saat malam hari) untuk mengingatkan akan hal-hal kecil yang  membuat saya senang dan bersemangat menjalani hari. Hal-hal ini sama sekali bukan hal mewah maupun bermerek, seperti rumah, mobil, handphone dan sebagainya. bukan melulu materi yang dapat ditulis didalam jurnal ini.

Ada penjelasan ilmiah dibalik penulisan jurnal rasa syukur. Mengapa anda perlu menulis Jurnal Rasa Syukur? Apa kegunaan serta efeknya? 

Jurnal rasa syukur mengandung berbagai hal-hal positif dari kehidupan seseorang. Ketika seseorang menuliskan hal-hal tersebut, maka ia akan diliputi oleh energi positif, yang membuatnya akan merasa lebih bahagia, optimis serta cukup. Ketika anda merasa down, anda dapat melihat jurnal rasa syukur di hari sebelumnya untuk mengingatkan, bahwa di dalam hidup masih banyak hal yang patut disyukuri. Bahkan sebuah penelitian dari American Psychologist menunjukkan, bahwa :

orang yang setiap harinya menuliskan paling sedikit 3 hal yang disyukuri secara berkala, akan lebih bahagia dan less depression, serta tubuhnya lebih kuat untuk berolahraga dibandingkan saat sebelumnya.

Itu berarti menandakan bahwa efek rasa syukur, berdampak tidak hanya pada psikis seseorang, namun juga fisiknya. Berikut contoh dari jurnal rasa syukur saya :

gratitude jurnal1

Jurnal ini saya masukkan menjadi bagian dalam jurnal harian saya. Namun tidak perlu khawatir, untuk membuat jurnal syukur sederhana, anda hanya membutuhkan buku serta alat tulis saja.
20151031_003939

Tulisan yang saya contohkan adalah ucapan syukur pada tanggal 25 Oktober. Jurnal syukur ini bisa anda tulis setiap hari, 3 hari sekali, maupun satu minggu sekali tergantung dari keinginan anda. Tapi ingat untuk menulisnya secara rutin.

20151031_003915

Pada jurnal syukur saya terdapat tambahan berupa terjemahan ayat dari Al-Qur’an. Ayat ini bersifat optional, saya menulisnya sebagai pengingat serta motivasi.

20151031_004001

Didalam jurnal yang saya miliki, saya menulis kopi, keponakan yang lucu-lucu, serta cat baru di kamar saya sebagai hal yang saya syukuri pada hari itu. Kelihatan seperti hal yang sepele, namun hal sepele tersebut yang sering lupa untuk disyukuri. Apapun hal kecil yang anda rasakan atau gunakan, tulis didalam jurnal. Simpel bukan?

Anda dapat menulis sebanyak mungkin hal-hal yang anda syukuri. Ingat untuk selalu rutin menulis jurnal ini paling tidak sekali dalam seminggu. Kalau anda masih bingung akan hal yang anda tulis. Tulislah hal-hal ini untuk memulainya :

1. Baju yang anda kenakan sekarang

2. Gadget yang anda gunakan untuk melihat artikel ini

3. yang terpenting – Mata yang sehat untuk membaca tulisan ini

mudah bukan? 🙂



Sumber :

Seligman, M.; Steen, T.A.; Park, N. and Peterson, C. (2005). “Positive psychology progress: Empirical validation of interventions,” American Psychologist.

The Greater Good Science Center at University of California at Berkeley. (2011, November 17th). Tips for keeping a gratitude journal.


Gambar :

lifehack.org

http://rebeccakelsey.com/2012/03/how-to-create-a-gratitude-journal/

Comments

  1. anaanum says:

    Pengen nyoba buat juga ^^

    1. deantari says:

      Ayo buat juga mba 🙂

      1. anaanum says:

        Oke… insyaAlloh buat ^^

  2. namakumulia says:

    Alhamdulillah saya menemukan tulisan ini. Terima kasih mbak deantari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *