MANUSIA TERHEBAT

family

Ada 2 orang manusia di dunia ini yang benar-benar saya akui kehebatannya. Menurut saya mereka adalah manusia terhebat yang pernah saya kenal.



Yang pertama, adalah seorang wanita.

Wanita ini merupakan wanita tertangguh yang pernah ada. Ia merupakan anak terakhir dari sebuah keluarga dengan banyak anak. Ia lahir disuatu keluarga yang cukup. Tidak kurang dan tidak lebih. Saat itu, ketika ia ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, orangtuanya sudah tidak sanggup menyekolahkannya lebih tinggi lagi. Namun ia tidak berputus asa, ia berusaha untuk bekerja sesuai bidang yang dikuasainya, yaitu memasak. Kehidupan membawanya terombang-ambing mengikuti arus, hingga suatu saat ia bertemu dengan pria terhebat. Setelah menjadi suami istri dan mempunyai 3 orang anak, wanita ini harus menjalankan tugasnya menjadi ibu seorang diri karena suaminya harus bekerja dikota yang berbeda dengannya. Lalu ia, dengan 3 orang anak dan ayah yang harus dirawat akibat penyakit stroke, berusaha menjadi ibu sekaligus kepala keluarga bagi orang-orang rumah. Rumah yang mereka tinggali tidak besar, tetapi tidak juga kecil. Tidak ada perabotan yang mewah maupun mainan mahal, namun rumah ini selalu cantik. Cantik dengan kesederhanaannya. Sama seperti wanita ini. Apapun kondisi yang ada dikeluarga ini, selalu dihadapi wanita tersebut dengan tegar. Jarang terlihat tangisan dimatanya. Justru matanya selalu berkilat-kilat, penuh semangat dan ketegasan.

Ia hebat, dan selalu yang terhebat.


Manusia terhebat kedua, adalah seorang pria.

Pria ini adalah pria terbaik yang pernah ada. Tidak hanya cerdas, pria ini tangguh dan juga hebat. Ia lahir disuatu keluarga yang kurang mampu. Hal tersebut tidak membuatnya putus asa, ia mengeluarkan usaha terkerasnya untuk sesuatu yang sangat ia inginkan, yaitu pendidikan. Ia sangat yakin, pendidikan yang lebih baik akan menghantarkannya ke kehidupan yang lebih baik. Dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dan master, ia hampir selalu menjadi murid terbaik. Semua biaya pendidikan didapatkannya dari beasiswa. Setiap orang yang berbicara dengannya, pasti akan langsung tahu pria ini adalah seorang yang cerdas. Hidupnya selalu berpindah-pindah, ia jarang berdiam diri. Setelah akhirnya ia dipersatukan dengan wanita terhebat pada suatu perhentian. Namun karena pekerjaan yang menuntutnya untuk berpindah-pindah tempat, ia harus rela tinggal berpisah dari istri dan anak-anaknya. Tapi ia tidak pernah sekalipun melupakan keluarganya. Bayangkan, selama lebih dari 15 tahun, pria ini rela pulang dengan menempuh jarak beratus-ratus kilometer hanya untuk berkumpul dirumah. Ia tidak pernah mengeluh, tidak peduli berapa jam ia habiskan diperjalanan selama ini, berapa kilometer yang sudah ia tempuh. Rasa lelah sudah tidak ada dalam kamusnya.

Ia hebat, dan akan selalu menjadi yang terhebat.

Sederhana. Manusia terhebat ini adalah orang-orang yang sederhana.

Manusia tehebat bukan saja orang yang bisa menghasilkan pundi-pundi emas dari kerja kerasnya, bukan orang yang bisa menciptakan teknologi termutakhir, maupun pergi keluar angkasa saja. Manusia terhebat adalah orang yang membawa manfaat terbesar dikehidupanmu. Mereka dengan segala kekurangan dan kelebihannya membesarkanmu dengan penuh kasih sayang.

Ini manusia terhebatku, bagaimana dengan kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *